Media Amerika Serikat Kagum Kekuatan Rizki Juniansyah di Olimpiade


Jakarta, CNN Indonesia

Penampilan impresif Rizki Juniansyah pada Olimpiade 2024 yang menghasilkan Emas bagi Indonesia mengundang decak kagum media Amerika Serikat.

Rizki merupakan Olahragawan kedua dari kontingen Merah putih yang menyumbang Emas setelah Veddriq Leonardo pada Kamis (8/8) waktu Paris atau Jumat (9/8) dini hari waktu Indonesia.

Dalam unggahan di media sosial Instagram, SportsCenter menampilkan tiga foto Rizki. Yang pertama Merupakan momen ketika Rizki tidur terlentang usai berhasil pada angkatan clean & jerk dengan beban 199 kilogram.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada foto tersebut ditambahkan tulisan soal perbandingan bobot badan Olahragawan 21 tahun tersebut dengan berat angkatan yang memastikannya meraih Emas sekaligus memecahkan Catatan Unggul Olimpiade.

“Berat Rizki Juniansyah dari Indonesia 160lbs [+/-73 kg]. Ia mengangkat 437lbs [+/-199 kg] dalam angkatan clean and jerk untuk memastikan Catatan Unggul Olimpiade dan meraih Emas,” tulis Sportscenter.

Sementara pada foto kedua Sportcenter menampilkan aksi Rizki mengangkat beban dan ketika Olahragawan asal Banten itu mencium medali Emas.

[Gambas:Instagram]

Setelah menorehkan angkatan 199 kg dalam clean and jerk, dipastikan tak ada lifter lain yang bisa melampaui catatan Rizki tersebut dan Emas pun menjadi milik Indonesia.

Rizki secara total mencatatkan angkatan seberat 354 kilogram atau Berkelas sembilan kilogram dibanding peraih perak Weerapon Wichuma asal Thailand. Sementara peraih perunggu Bozhiar Andreev menunaikan tugas dengan mengangkat beban seberat 344 kilogram.

Emas dari Rizki Bahkan menjadi sumbangan medali juara yang pertama bagi Indonesia dari cabang Gerakan angkat besi. Sejak Olimpiade 2000, Indonesia Setiap Saat bisa meraih medali perak atau perunggu lewat angkat besi.

Tak cuma mencatatkan Catatan Unggul Olimpiade, sebelumnya pada ajang Piala Dunia 2024, Rizki Bahkan menorehkan Catatan Unggul dunia dengan mengangkat beban seberat 204 kilogram pada saat clean & jerk.

(nva/nva)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA