Menpora Jelaskan Peparnas di Solo, Bukan di Aceh-Sumut


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Pemuda dan Gerakan (Menpora) Dito Ariotedjo menegaskan bahwa Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII tahun 2024 Akan segera diselenggarakan di Surakarta, bukan di Aceh-Sumut seperti rencana awal.

Keputusan ini diambil setelah melihat kesiapan Sumut di akhir 2023 yang dinilai belum memadai secara kualitas.

Peparnas XVII dijadwalkan berlangsung dari 6 Sampai saat ini 13 Oktober 2024 di Solo. Menpora meyakini bahwa pemilihan Surakarta sebagai tuan rumah Merupakan keputusan yang tepat, mengingat kota ini pernah Berhasil Menghelat ASEAN Paragames pada tahun 2022 dan memiliki infrastruktur yang memadai, termasuk banyaknya hotel bertaraf bintang 2 sampai bintang 5 yang berada di kota tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Atas dasar itu, kita lapor ke Pemimpin Negara untuk permohonan pemindahan Peparnas dari Sumut ke Surakarta,” ujar Dito dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/9).


Menpora Bahkan mengungkapkan bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Gerakan (Kemenpora) Sebelumnya menyerahkan dana sebesar Rp290 miliar kepada Panitia Besar (PB) Peparnas.

Dari jumlah tersebut, Rp275 miliar berasal dari APBN untuk penyelenggaraan acara, sementara sisanya sekitar Rp14 miliar lebih dialokasikan untuk peralatan.

“Hari ini kita selaku program pemerintah pusat Kemenpora memindahkan, menyerahkan angka nominal Rp290 miliar yang Akan segera dikelola di kepanitiaan kepada PB Panita Besar Peparnas yang diketuai Pak DB Susanto yang Bahkan selaku Kejari Surakarta,” kata Dito menjelaskan.

Menpora menekankan bahwa pengelolaan dana Akan segera diawasi ketat, dengan hadirnya saksi dari Kejaksaan Agung, Bareskrim, dan BPKP dalam proses penandatanganan.

Satgas Tata Kelola yang dibentuk Mengikuti Kepres No. 24 Tahun 2024 Bahkan Akan segera terus bekerja untuk memastikan kesuksesan Peparnas, baik dari segi kesuksesan penyelenggaraan,dampak ekonomi daerah, Sampai saat ini Berhasil administrasi.

(afr/rhr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA