Jakarta, CNN Indonesia —
Kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang buruk bisa menjadi Dalang komponen fuel pump rusak. Hal ini dikarenakan kotoran yang mengendap Berencana menyumbat aliran BBM ke ruang pembakaran Sampai saat ini dampaknya bikin performa mesin berkurang.
Secara umum ada dua jenis fuel pump, mekanik dan elektrik. Apa pun jenisnya, tugas fuel pump sama yaitu memompa BBM dari tangki ke mesin yang dimulai sejak mesin mulai dinyalakan.
Tempat komponen fuel pump berada di dalam tangki sehingga sering luput dari perawatan dan untuk penggantiannya pun bisa merepotkan.
Sebelum masuk ke mesin, BBM di tangki Berencana disaring Pada Pada masa itu oleh filter fuel pump sebelum disedot fuel pump. Komponen filter fuel pump tak terpisahkan dari fuel pump dan pada umumnya rusak duluan bila terlalu lama menggunakan BBM busuk karena menjadi Tempat utama endapan kotoran.
Bila sering menggunakan BBM kualitas buruk maka filter fuel pump Berencana penuh kotoran, efeknya bikin sedotan fuel pump tak optimal. Hal ini kemudian menyebabkan semprotan fuel pump ke injector di mesin berkurang sehingga proses pembakaran menjadi tak sempurna.
Kotoran yang Berlebihan mengendap di filter fuel pump Bahkan bisa tersedot fuel pump sehingga masuk ke mesin.
Ditambah lagi kotoran Bahkan dapat luber ke komponen fuel pump sehingga menyebabkan gerakannya terhambat. Hal ini Kemungkinan masalah serius sebab berbagai jenis sistem bahan bakar mesin butuh tekanan BBM yang tepat.
Menurut situs jaringan dealer Astra Daihatsu, gejala masalah fuel pump bisa dikenali sebagai berikut:
1. Mesin sulit menyala, tak bisa menyala atau batuk-batuk (ndut-ndutan) ketika berkendara.
2. Mesin sering mati saat berkendara.
3. Akselerasi lambat atau daya mesin kurang.
4. Sulit menanjak.
5. Boros BBM.
Selain terkait BBM busuk dan kotoran, fuel pump Bahkan bisa rusak karena hal lain seperti usia pakai melebihi batas, overheating, masalah kelistrikan atau sensor dan sistem kontrol.
(fea/fea)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA