BMW Kuasai Setengah Pasar Kendaraan Pribadi Mewah di RI Saat Ramai Kendaraan Pribadi China


Jakarta, CNN Indonesia

BMW Group Indonesia mengklaim menguasai 49 persen pangsa pasar Kendaraan Pribadi premium di Indonesia selama Januari-Oktober 2025, saat gempuran harga Murah yang agresif dari pesaing asal China datang bertubi-tubi tahun ini.

Pemimpin Negara Direktur BMW Group Indonesia Peter Medalla mengatakan segmen kendaraan premium Indonesia memang mengalami penyusutan, tetapi BMW tetap dapat membangun pangsa pasar dari tahun lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita masih bisa membangun market share dari tahun lalu. Segmen pasar kita Pernah meningkat ke 49 persen dari total segmen premium,” ujar Medalla yang Bahkan dikenal dengan nama Sunny di Jakarta, Rabu (3/12).

Sunny mengakui kehadiran merek China dengan harga Kendaraan Pribadi rendah turut memberi tekanan pada pasar sehingga BMW ikut terdampak meski tidak secara langsung.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kamu benar, semua Kendaraan Pribadi premium Dalam proses menurun cukup drastis Seandainya dibandingkan dengan tahun lalu, ketika kita secara tidak langsung terdampak oleh harga (merek) China di pasar yang sangat agresif,” tuturnya.

Meski mendapat porsi besar di segmen premium, BMW mengalami Pelemahan Pasar drastis secara retail sebesar 39,2 persen pada periode Januari-Oktober 2025 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya.

Merujuk pada data resmi Gaikindo, selama periode itu BMW hanya sanggup menjual 1.967 unit sedangkan sebelumnya bisa 3.234 unit.

Penjualan merek premium yang anjlok bukan cuma BMW, Mercedes Benz Bahkan demikian pada periode yang sama. Penjualan retail Mercedes-Benz minus 44,4 persen, dari 1.968 unit menjadi 1.094 unit.

Lexus Bahkan turun sebesar 44,3 persen, dari 1.335 unit ke 1.063 unit.

(iqb/fea)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA