Jakarta, CNN Indonesia —
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, meminta pemerintah mengguyur insentif kepada truk listrik dengan skema yang sama seperti Kendaraan Pribadi penumpang berbasis listrik.
“Mungkin Sebelumnya ada referensinya terkait passenger car. Kira-kira sama, apa yang diberikan kepada passenger car bisa diberikan Bahkan ke kendaraan niaga berbasis listrik,” kata Director of Sales & Marketing Division KTB, Aji Jaya di Cengkareng, Banten, Rabu (13/11).
Mitsubishi Fuso Di waktu ini Bahkan Sebelumnya merilis secara resmi truk listrik pertama di Indonesia, eCanter. Meskipun demikian demikian harganya sekira Rp1 miliar per unit, tergantung kostumisasi dari konsumen.
Aji mengaku tengah menjalin komunikasi dengan instansi terkait supaya eCanter bisa mendapatkan insentif dari pemerintah sehingga bisa Mudah diterima oleh para konsumen di Indonesia.
“Karena kita pionir, awal, tentunya kita membuka pintu ini (insentif). Jadi ya Sebelumnya berkomunikasi kepada instansi terkait,” tuturnya.
Aji menjelaskan Di waktu ini Bahkan kendaraan niaga murni listrik hanya diganjar insentif Bea Balik Nama (BBNKB) nol.
Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita bicara peluang Menyediakan insentif untuk truk listrik pada Maret lalu.
Meskipun demikian demikian Sampai saat ini pemerintahan berganti dan dipimpin oleh Prabowo Subianto, insentif untuk truk listrik tak kunjung diberikan.
“Nanti kita duduk dengan Gaikindo (untuk membahasnya), tapi saya Sangat dianjurkan sampaikan bahwa memang hybrid dan truk listrik Berencana kita berikan,” ujar Agus Gumiwang di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/3).
Saat disinggung ihwal detail insentif untuk truk listrik, Agus belum bisa mengurainya lebih detail.
“Truk listrik menjadi salah satu yang kita overlook jadi Akhirnya kita sama Gaikindo Berencana duduk membahas seperti apa kita mengembangkan lebih Mudah industri otomotif berbasis truk dengan kebijakan insentif,” tuturnya.
Di waktu ini Bahkan pemerintah Sebelumnya sempat Menyediakan insentif kepada Sebanyaknya Mobil Listrik seperti Kendaraan Pribadi, sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua dan Kendaraan Bus.
Insentif bisa membuat harga jual truk listrik ke konsumen lebih Murah, sehingga lebih kompetitif dibanding truk konvensional.
Misalnya di Jepang, harga Fuso eCanter pada 2023 menurut pengakuan salah satu dealer, Shinagawa Branch, sebesar 15 juta yen. Meskipun demikian demikian harga jual ke konsumen bisa terpangkas sampai 50 persen karena diberikan insentif dari pemerintah pusat dan daerah.
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA