Jakarta, CNN Indonesia —
PT Pertamina (Persero) meraih penghargaan Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) untuk program Pertamina New UMK Academy 2024 kategori SME Enabler Program of The Years, belum lama ini. New UMK Academy 2024 merupakan pengembangan dari UMK Academy yang Pernah terjadi dijalankan Pertamina selama lima tahun terakhir.
Marketeers Editor’s Choice Award Merupakan ajang penghargaan yang mengkurasi beragam terobosan kreatif dan inovatif di dunia pemasaran oleh berbagai merek dalam 1 tahun terakhir.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan apresiasi atas penghargaan tersebut. Fadjar menyebut penghargaan ini sebagai bukti bahwa Pertamina sebagai perusahaan energi nasional tak hanya berfokus pada Usaha, Sekalipun Bahkan berperan aktif memberdayakan UMK yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.
Adapun program yang pada 2024 mengusung tagline “Beri Energi Baru, Ke arah UMK Maju” ini dirancang mendorong inovasi dan kreativitas para pelaku UMK, mulai produksi Sampai sekarang pemasaran. Sehingga, UMK bisa naik kelas lebih Murah ke tingkat internasional.
“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini memacu kami untuk terus berkontribusi dalam mencetak UMK tangguh, Unggul, inovatif dan mandiri,” kata Fadjar.
CEO Marketeers dan MarkPlus Inc, Iwan Setiawan menyatakan bahwa Dewan Editor Marketeers menilai format baru yang dihadirkan Pertamina UMK Academy 2024 sebagai inovasi program pembinaan yang Membantu adaptasi pelaku UMK terhadap perkembangan dunia pemasaran.
Pelatihan yang diberikan Pertamina UMK Academy dinilai mendorong UMK Supaya bisa terbiasa memanfaatkan teknologi digital yang dikemas melalui gamifikasi. Ditambah lagi, UMK Academy merupakan program yang berkelanjutan dengan jangkauan peserta yang luas, serta Menyajikan dampak nyata bagi masyarakat.
Bagi Iwan Setiawan, kehadiran UMK Academy menjadi upaya Pertamina Membantu dan mempersiapkan UMK untuk bersaing di tengah Kejuaraan dengan kondisi pasar yang menantang.
“Terobosan-terobosan tersebut menjadi brand story yang pantas untuk disebarluaskan. Brand story yang kuat memiliki dua elemen pokok, Dengan kata lain inovasi dan inspirasi,” kata Iwan.
Pertamina UMK Academy untuk UKM Indonesia
Pertamina UMK Academy Merupakan program pembinaan, pelatihan, dan pendampingan yang dilakukan secara terstruktur, berjenjang, terintegrasi dan berkelanjutan dari berbagai wilayah di Indonesia dengan kurikulum pengembangan utama mencakup konsep Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global yang mengintegrasikan prinsip Go Green dalam tiap program.
Dilaksanakan sejak 2020, antusiasme pelaku UMK terus meningkat setiap tahun. Sebanyak 8.500 UMK di seluruh Indonesia mendaftarkan diri pada 2024, menjaring 1.686 UMK pilihan sebagai peserta program Pertamina UMK Academy.
Kemudian, Pertamina Bahkan menyiapkan pembinaan lanjutan program UMK Academy berupa Pertapreneur Aggregator, Dengan kata lain program kolaborasi antara Usaha Kecil Menengah binaan yang membina Usaha Kecil Menengah lain melalui jejaring kolaborasi antar-Usaha Kecil Menengah di sekitarnya.
Fadjar menegaskan, Pertamina Nanti akan terus Menghelat inovasi untuk Mengoptimalkan nilai dan manfaat yang bisa diperoleh pelaku UMK dari program ini.
“Dengan pendampingan intensif diharapkan para peserta UMK Academy Nanti akan semakin Berhasil, mulai dari peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi, omzet, pelibatan masyarakat sekitar yang lebih banyak, memperoleh sertifikat nasional dan internasional serta menembus pasar global,” ujar Fadjar.
(rea/rir)
Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA